FATWA-FATWA JUAL BELI, PUSTAKA IMAM ASY-SYAFI’I

Rp. 120.000,-

Rp. 120.000,-

Islam adalah agama sempurna yang menitik beratkan pada masalah ‘aqidah dan syari’at. Sebagaiman menjelaskan antara hamba dengan Rabbnya, hubungan Rabb dengan ahmba dan adab-adabnya, Islam juga menjelaskan aturan hidup,termasuk didalamnya muamalah dan sistem perekonomian, khususnya jual beli. Islam mengatur bagaimana ketika kaum muslimin di pasar, di toko, bercocok tanam, dan lain sebagainya dengan ketentuan-ketentuan syar’i yang berlandaskan al-Qur-an, Hadist Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wasallam dan ijma’ serta sesuai dengan pemahaman ulama salafush Shalih yang senantiasa menempuh jalan keselamatan.

Untuk memahami lebih luas tentang itu semua, Alhamdulillah, dengan izin-Nya kami dapat menerbitkan kepada pembaca sekalian buku yang mengupas tentang muamalah dalam jual beli yang berjudul Fatwa-Fatwa Jual Beli, yang kami terjemahkan dalam kitab Fataawaa al-Lajnah ad-Daaimah lil Buhuuts al-‘Ilmiyyah wal Iftaa’. Kitab ini merupakan kumpulan fatwa dari Komite Tetap Kajian Ilmiah dan Pemberian Fatwa yang diketuai asy-Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdullah bin Baaz. Adapun para ulama lain yang menjadi anggotanya adalah ‘Abdullah bin Ghudayan, ‘Abdurrazzaq ‘Afifi, Salih al-Fauzan, ‘Abdul ‘Aziz Alusy Syaikh, Bakr Abu Zaid dan ‘Abdullah bin Qu’ud. Kitab ini merupakan hasil karya yang ditulis dengan sistematis dan cermat oleh asy-Syaikh Ahmad bin ‘Abdurrazzaq ad-Duwaisy, yang dihimpun dalam bentuk tanya jawab tentang banyak persoalan yang berkaitan dengan sistem jual beli yang berkembang saat ini di masyarakat.

Manfaat yang kita peroleh dari kandungan kitab ini ialah memahami kaidah yang sangat penting melalui berbagai fatwa yang dikeluarkan oleh para ulama besar serta dapat memberikan batasan muamalah dalam melakukan  transaksi jual beli yang dibolehkan dan yang diharamkan. Kaidah itu ialah : ” Dasar hukum dalam muamalah adalah semua praktik jual beli berbagai jenis perniagaan dan mata pencaharian hukumnya halaldan diperbolehkan, tidak ada yang melarangnya, kecuali apa yang telah diharamkan Allah Ta’ala dan Rasul Shalallahu ‘Alaihi Wasallam.

Insya Allah, Uraian lebih luasnya dapat pembaca temukan dalam kitab yang mudah dicemati di setiap babnya.

Judul Buku                   :   Fatwa-Fatwa Jual Beli.

Penulis                            :   Ahmad bin ‘Abdurrazzaq.

Penerbit                         :    Pustaka Imam Asy-Syafi’i.

Ukuran buku               :   17 x 24 ; xxvi + 576

Berat                               :   1,3 kg.

Harga                              :   Rp. 120.000,-

Tinggalkan komentar

Filed under Fiqih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s